ANALISIS BUKU SISWA
Judul buku : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tema/Topik : Lingkungan Sehat
Kelas : 3
Jenjang : MI / SD
Tahun Terbit : 2008
Penerbit : Putra Nugraha
Font : 12
Aspek yang dianalisis
Hasil Analisis
Keterangan/ Catatan
Variabel
Sub variabel
Indikator
Sesuai seluruhnya
Sesuai sebagian
Tidak sesuai
Materi
Kesesuaiannya dengan kurikulum
Kesesuaian dengan SKL
Sudah sesuai
Kesesuaian dengan KI
Sudah sesuai
Kesesuaian dengan KD
Sudah sesuai
Kesesuaian dengan bab
Sudah sesuai
Relevansi materi tersebut dengan tujuan pendidikan
Kecukupan materi ditinjau dari cakupan konsep/materi esensial;
Materi yang diberikan sesuai dengan konsep.
Kecukupan materi ditinjau dari alokasi waktu.
Alokasi waktu sudah di tentukan yaitu 60 menit,
2 x pertemuan
Kesesuaiannya dengan perkembangan kognitif siswa
Kedalaman materi ditinjau dari
Pola pikir keilmuan;
Sesuai dengan keilmuan yang dimiliki oleh siswa.
Kedalaman materi ditinjau dari karakteristik siswa
Tidak terlalu mendalam dalam menguraikan materi.
Keseuaian dengan pendekatan saintifik
Tersedia tahapan saintifif (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan, mengkreasikan)
Tahapan runtut dan mengarah ketujuan
Tidak setiap materi terdapat tahapan saintifif hanya sebagian saja.
Kesesuaian dengan nilai-nilai sosial
Kegiatan yang mengembangkan kompetensi sikap sosial (contoh: kegiatan diskusi)
Didalam materi tidak terdapat tahapan diskusi hanya terdapat tugas aktivitas siswa.
Penyajian/
Kemenarikan
Pencantuman tujuan pembelajaran,
Informasi tujuan pembelajaran dapat dipahami oleh siswa
Karna terdapat tujuan pembelajaran yang ditulis pada awal materi.
Pentahapan pembelajaran,
Disajikan runtut mulai dari pengenalan materi, inti, dan kesimpulan
Materi disajikan secara runtut.
Kemenarikan bagi siswa,
Warna bervariasi
Tabel, gambar, dan ilustrasi visual menarik perhatian siswa
Didukung oleh gambar namun warnanya kurang menarik hanya hitam, putih saja.
Ketersediaan soal dan latihan
Ketersediaan evaluasi akhir subtema
Ketersediaan evaluasi akhir tema
Karena di akhir tema terdapat latihan siswa, pilihan ganda dan juga esai.
Bahasa/
keterbacaan
Penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar,
Pemakaian huruf dan tanda baca sudah benar
Tidak ada salah ketik
Tidak ada kesalahan dalam penulisan ataupun tanda baca.
Penggunaan paragraf yang padu dan efektif, dan
Susunan kalimat dapat menyampaikan maksud dan informasi dengan jelas
Kalimat-kalimat dalam paragraph mendukung gagasan utama
Hubungan antar kalimat dalam paragraph menunjukkan koherensi yang jelas
Penggunaan paragraf benar, susunan kalimatnya dapat dipahami dan runtut serta saling berhubungan.
Relevansi materi dengan ilustrasinya
Gambar sesuai materi
Ukuran gambar proporsional
Materi dan gambarnya sesuai, ukurannya pun juga sesuai.
NAMA KELOMPOK 1 :
HIKMAH NUR LAILI
SYIFA' ILYA DAROJAH
ISNAINI NINGSIH
ZIA AMALIA ULFA
IZZA KHOIRUN NISA’
DIAN RIZKA
SAYYIDAH WULANDARI
Judul buku : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tema/Topik : Lingkungan Sehat
Kelas : 3
Jenjang : MI / SD
Tahun Terbit : 2008
Penerbit : Putra Nugraha
Font : 12
Aspek yang dianalisis
Hasil Analisis
Keterangan/ Catatan
Variabel
Sub variabel
Indikator
Sesuai seluruhnya
Sesuai sebagian
Tidak sesuai
Materi
Kesesuaiannya dengan kurikulum
Kesesuaian dengan SKL
Sudah sesuai
Kesesuaian dengan KI
Sudah sesuai
Kesesuaian dengan KD
Sudah sesuai
Kesesuaian dengan bab
Sudah sesuai
Relevansi materi tersebut dengan tujuan pendidikan
Kecukupan materi ditinjau dari cakupan konsep/materi esensial;
Materi yang diberikan sesuai dengan konsep.
Kecukupan materi ditinjau dari alokasi waktu.
Alokasi waktu sudah di tentukan yaitu 60 menit,
2 x pertemuan
Kesesuaiannya dengan perkembangan kognitif siswa
Kedalaman materi ditinjau dari
Pola pikir keilmuan;
Sesuai dengan keilmuan yang dimiliki oleh siswa.
Kedalaman materi ditinjau dari karakteristik siswa
Tidak terlalu mendalam dalam menguraikan materi.
Keseuaian dengan pendekatan saintifik
Tersedia tahapan saintifif (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan, mengkreasikan)
Tahapan runtut dan mengarah ketujuan
Tidak setiap materi terdapat tahapan saintifif hanya sebagian saja.
Kesesuaian dengan nilai-nilai sosial
Kegiatan yang mengembangkan kompetensi sikap sosial (contoh: kegiatan diskusi)
Didalam materi tidak terdapat tahapan diskusi hanya terdapat tugas aktivitas siswa.
Penyajian/
Kemenarikan
Pencantuman tujuan pembelajaran,
Informasi tujuan pembelajaran dapat dipahami oleh siswa
Karna terdapat tujuan pembelajaran yang ditulis pada awal materi.
Pentahapan pembelajaran,
Disajikan runtut mulai dari pengenalan materi, inti, dan kesimpulan
Materi disajikan secara runtut.
Kemenarikan bagi siswa,
Warna bervariasi
Tabel, gambar, dan ilustrasi visual menarik perhatian siswa
Didukung oleh gambar namun warnanya kurang menarik hanya hitam, putih saja.
Ketersediaan soal dan latihan
Ketersediaan evaluasi akhir subtema
Ketersediaan evaluasi akhir tema
Karena di akhir tema terdapat latihan siswa, pilihan ganda dan juga esai.
Bahasa/
keterbacaan
Penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar,
Pemakaian huruf dan tanda baca sudah benar
Tidak ada salah ketik
Tidak ada kesalahan dalam penulisan ataupun tanda baca.
Penggunaan paragraf yang padu dan efektif, dan
Susunan kalimat dapat menyampaikan maksud dan informasi dengan jelas
Kalimat-kalimat dalam paragraph mendukung gagasan utama
Hubungan antar kalimat dalam paragraph menunjukkan koherensi yang jelas
Penggunaan paragraf benar, susunan kalimatnya dapat dipahami dan runtut serta saling berhubungan.
Relevansi materi dengan ilustrasinya
Gambar sesuai materi
Ukuran gambar proporsional
Materi dan gambarnya sesuai, ukurannya pun juga sesuai.
NAMA KELOMPOK 1 :
HIKMAH NUR LAILI
SYIFA' ILYA DAROJAH
ISNAINI NINGSIH
ZIA AMALIA ULFA
IZZA KHOIRUN NISA’
DIAN RIZKA
SAYYIDAH WULANDARI
Komentar
Posting Komentar