Langsung ke konten utama

ANALISIS BUKU SISWA Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Lingkungan Sehat

ANALISIS BUKU SISWA

Judul buku : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Tema/Topik    :  Lingkungan Sehat
Kelas :  3
Jenjang :  MI / SD
Tahun Terbit : 2008
Penerbit : Putra Nugraha
Font : 12

Aspek yang dianalisis
Hasil Analisis
Keterangan/ Catatan

Variabel
Sub variabel
Indikator
Sesuai seluruhnya
Sesuai sebagian
Tidak sesuai


Materi
Kesesuaiannya dengan kurikulum
Kesesuaian dengan SKL



Sudah sesuai



Kesesuaian dengan KI



Sudah sesuai



Kesesuaian dengan KD



Sudah sesuai



Kesesuaian dengan bab



Sudah sesuai










Relevansi materi tersebut dengan tujuan pendidikan
Kecukupan materi ditinjau dari cakupan  konsep/materi esensial;



Materi yang diberikan sesuai dengan konsep.



Kecukupan materi ditinjau dari alokasi waktu.



Alokasi waktu sudah di tentukan yaitu 60 menit,
2 x pertemuan


Kesesuaiannya dengan perkembangan kognitif siswa
Kedalaman materi ditinjau dari
Pola pikir keilmuan;



Sesuai dengan keilmuan yang dimiliki oleh siswa.



Kedalaman materi ditinjau dari karakteristik siswa



Tidak terlalu mendalam dalam menguraikan materi.


Keseuaian dengan pendekatan saintifik
Tersedia tahapan saintifif (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan, mengkreasikan)
Tahapan runtut dan mengarah ketujuan



Tidak setiap materi terdapat tahapan saintifif hanya sebagian saja.


Kesesuaian dengan nilai-nilai sosial
Kegiatan yang mengembangkan kompetensi sikap sosial (contoh: kegiatan diskusi)



Didalam materi tidak terdapat tahapan diskusi hanya terdapat tugas aktivitas siswa.

Penyajian/
Kemenarikan
Pencantuman tujuan pembelajaran,
Informasi tujuan pembelajaran dapat dipahami oleh siswa



Karna terdapat tujuan pembelajaran yang ditulis pada awal materi.


Pentahapan pembelajaran,
Disajikan runtut mulai dari pengenalan materi, inti, dan kesimpulan



Materi disajikan secara runtut.


Kemenarikan bagi siswa,
Warna bervariasi
Tabel, gambar, dan ilustrasi visual menarik perhatian siswa



Didukung oleh gambar namun warnanya kurang menarik hanya hitam, putih saja.


Ketersediaan soal dan latihan
Ketersediaan evaluasi akhir subtema
Ketersediaan evaluasi akhir tema



Karena di akhir tema terdapat latihan siswa, pilihan ganda dan juga esai.

Bahasa/
keterbacaan







Penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar,
Pemakaian huruf dan tanda baca sudah benar
Tidak ada salah ketik



Tidak ada kesalahan dalam penulisan ataupun tanda baca.


Penggunaan paragraf yang padu dan efektif, dan
Susunan kalimat dapat menyampaikan maksud dan informasi dengan jelas
Kalimat-kalimat dalam paragraph mendukung gagasan utama
Hubungan antar kalimat dalam paragraph menunjukkan koherensi yang jelas



Penggunaan paragraf benar, susunan kalimatnya dapat dipahami dan runtut serta saling berhubungan.


Relevansi materi dengan ilustrasinya
Gambar sesuai materi
Ukuran gambar proporsional



Materi dan gambarnya sesuai, ukurannya pun juga sesuai.


















NAMA KELOMPOK 1 :
HIKMAH NUR LAILI
SYIFA' ILYA DAROJAH
ISNAINI NINGSIH
ZIA AMALIA ULFA
IZZA KHOIRUN NISA’
DIAN RIZKA
SAYYIDAH WULANDARI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum perubahan sifat dan wujud benda

PRAKTIKUM IPA SD/MI Judul Percobaan :  Perubahan Wujud Benda Tujuan Percobaan : Menunjukkan perubahan wujud benda membeku dan mencair, menguap dan mengembun, serta menyublim. Landasan Teori :  Perubahan Wujud Benda Membeku dan Mencair Membeku adalah perubahan wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat. Mencair adalah perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk cair. Menguap dan Mengembun Menguap: perubahan wujud dari bentuk cair ke bentuk gas. Mengembun: perubahan wujud dari bentuk gas ke bentuk cair. Menyublim Menyublim: perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk gas. Alat dan bahan : Percobaan 1 : Membeku dan Mencair Alat : Korek api Bahan : Lilin Percobaan 2 : Menguap dan Mengembun Alat : Gelas, tutup gelas, termos air Bahan : Air panas Percobaan 3 : Menyublim Alat : Kain warna hitam, Kipas Angin Bahan : Kapur Barus Prosedur Kerja : Percobaan 1 : Membeku dan Mencair Siapkan sebuah lilin dan korek api. Nyalakan li

Meniup Balon Menggunakan Campuran Asam Cuka dengan Baking Soda/Soda Kue

                  PETUNJUK PRAKTIKUM                            IPA SD/MI  Meniup Balon Menggunakan Campuran Asam Cuka dengan Baking Soda/Soda Kue Disusun Oleh : DIAN RIZKA ISNAINI NINGSIH SYIFA' ILYA DAROJAH ZIA AMALIA ULFA HIKMAH NUR LAILI IZZA KHOIRUN NISA’ SAYYIDAH WULANDARI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY GENTENG - BANYUWANGI 2018/2019 PRAKTIKUM IPA Meniup Balon dengan Reaksi Asam Cuka dengan Baking Soda/ Soda Kue Judul Percobaan :  Meniup Balon dengan Reaksi Asam Cuka dengan Baking Soda Tujuan Percobaan : Mengetahui bahwa reaksi asam cuka dengan soda kue akan menghasilkan gas yang dapat meniup balon. Landasan Teori : Reaksi Kimia Suatu Zat Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat diubah menjadi zat baru. Sesuai dengan percobaan ini asam cuka (CH3COOH) dengan baking soda (NaHCO3) menghasilkan CO2, berarti telah terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan terbentuknya gas dengan

PRAKTIKUM IPA SD/MI TERAPUNG, MELAYANG, TENGGELAM

PRAKTIKUM IPA SD/MI TERAPUNG, MELAYANG, TENGGELAM Judul Percobaan :  Terapung, Melayang dan Tenggelam. Tujuan Percobaan : Mengetahui kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair. Landasan Teori : Ada tiga kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair.  Seperti ditunjukkan pada gambar berikut! Benda Terapung Benda dikatakan terapung jika sebagian benda masih muncul diatas permukaan zat cair. Benda terapung jika : Massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis zat cair. Besar gaya apung sama dengan berat benda. Benda Melayang Benda dikatakan melayang jika benda berada dalam zat cair, tetapi tidak berada di dasar zat cair. Benda melayang jika : Massa jenis benda sama atau hampir sama dengan massa jenis zat cair. Besar gaya apung sama atau hampir sama dengan berat benda. Benda Tenggelam Benda dikatakan tenggelam jika berada di dasar zat cair. Benda tenggelam  jika : Massa jenis benda leb