Langsung ke konten utama

Praktikum perubahan sifat dan wujud benda

PRAKTIKUM IPA SD/MI

Judul Percobaan :  Perubahan Wujud Benda
Tujuan Percobaan : Menunjukkan perubahan wujud benda membeku dan mencair, menguap dan mengembun, serta menyublim.

Landasan Teori
Perubahan Wujud Benda
Membeku dan Mencair
Membeku adalah perubahan wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat.
Mencair adalah perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk cair.
Menguap dan Mengembun
Menguap: perubahan wujud dari bentuk cair ke bentuk gas.
Mengembun: perubahan wujud dari bentuk gas ke bentuk cair.
Menyublim
Menyublim: perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk gas.

Alat dan bahan :
Percobaan 1 : Membeku dan Mencair
Alat :
Korek api
Bahan :
Lilin


Percobaan 2 : Menguap dan Mengembun
Alat :
Gelas, tutup gelas, termos air
Bahan :
Air panas

Percobaan 3 : Menyublim
Alat :
Kain warna hitam, Kipas Angin
Bahan :
Kapur Barus


Prosedur Kerja :
Percobaan 1 : Membeku dan Mencair
Siapkan sebuah lilin dan korek api.
Nyalakan lilin dengan korek api.

Beberapa menit kemudian, lihatlah yang terjadi pada saat lilin sudah terbakar! Mengapa bentuk lilin cair? Karena adanya energy panas yang berasal dari api yang menyebabkan suhunya naik, sehingga lilin (benda padat) terbakar dan kemudian meleleh/mencair.
Selanjutnya, lihatlah tetesan lilin yang jatuh ke bawah! Lihatlah bentuknya setelah dingin! Mengapa mengeras kembali? Karena Lelehan lilin tersebut jauh dari sumber panas/energi panas (api) sehingga suhunya menurun yang menyebabkan lelehan (benda cair) tersebut akan mengeras/berubah menjadi lilin kembali. Perubahan wujud benda dari cair menjadi padat ini disebut membeku.


Percobaan 2 : Menguap dan Mengembun
Siapkan gelas, dan tutup gelas.
Tuanglah air panas dari termos air ke dalam gelas. Lihatlah apa yang kamu lihat di permukaan gelas! Mengapa seperti asap? Karena terjadinya proses penguapan yang berasal dari air yang dipanaskan. Perubahan wujud dari bentuk cair ke bentuk gas disebut menguap.

Selanjutnya, tutuplah gelas tersebut dengan tutup gelas. Tunggu beberapa menit, lalu lihatlah apa yang ada pada tutup gelas tersebut! Mengapa ada airnya? Karena ketika air panas tersebut di tutup, gas/uap air tidak bisa keluar sehingga terbentuklah titik-titik embun pada permukaan tutup gelas, proses ini merupakan perubahan wujud dari bentuk gas ke bentuk cair yang disebut Mengembun.


Percobaan 3 :Menyublim
Siapkan sebuah kapur barus.
Hancurkan kapur barus tersebut menjadi serbuk-serbuk kecil.
Ambilah satu serbuk kecil tersebut, lalu letakkan di atas alas warna hitam yang bersih.

Amatilah apa yang terjadi pada serbuk kapur barus tersebut jika dibiarkan lama terkena udara! Mengapa menghilang? Karena kapur barus yang dibiarkan di udara terbuka akan berubah wujud menjadi gas.

 Lembar Kerja :
Mengapa lilin leleh saat terbakar oleh api? Karena adanya energy panas yang berasal dari api yang menyebabkan suhunya naik, sehingga lilin (benda padat) terbakar dan kemudian meleleh/mencair.
Mengapa tetesan lilin yang terkena udara menjadi keras kembali? Karena Lelehan lilin tersebut jauh dari sumber panas/energi panas (api) sehingga suhunya menurun yang menyebabkan lelehan (benda cair) tersebut akan mengeras/berubah menjadi lilin kembali.
Mengapa di permukaan air panas yang dituang ke gelas terdapat udara seperti asap putih? Karena terjadinya proses penguapan yang berasal dari air yang dipanaskan.
Mengapa terdapat air di permukaan bagian dalam penutup gelas pada saat gelas berisi air panas ditutup? Karena ketika air panas tersebut di tutup, gas/uap air tidak bisa keluar sehingga terbentuklah titik-titik embun pada permukaan tutup gelas.
Mengapa serbuk kapur menghilang setelah dibiarkan lama terkena udara? Karena kapur barus yang dibiarkan di udara terbuka akan berubah wujud menjadi gas.

Komentar


  1. Terimakasih telah membantu semoga jawabannya benar....
    Semoga menjadi lebih membantu...

    BalasHapus
  2. Terimakasih jawabannya membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meniup Balon Menggunakan Campuran Asam Cuka dengan Baking Soda/Soda Kue

                  PETUNJUK PRAKTIKUM                            IPA SD/MI  Meniup Balon Menggunakan Campuran Asam Cuka dengan Baking Soda/Soda Kue Disusun Oleh : DIAN RIZKA ISNAINI NINGSIH SYIFA' ILYA DAROJAH ZIA AMALIA ULFA HIKMAH NUR LAILI IZZA KHOIRUN NISA’ SAYYIDAH WULANDARI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY GENTENG - BANYUWANGI 2018/2019 PRAKTIKUM IPA Meniup Balon dengan Reaksi Asam Cuka dengan Baking Soda/ Soda Kue Judul Percobaan :  Meniup Balon dengan Reaksi Asam Cuka dengan Baking Soda Tujuan Percobaan : Mengetahui bahwa reaksi asam cuka dengan soda kue akan menghasilkan gas yang dapat meniup balon. Landasan Teori : Reaksi Kimia Suatu Zat Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat diubah menjadi zat baru. Sesuai dengan percobaan ini asam cuka (CH3COOH) dengan baking soda (NaHCO3) menghasilkan CO2, berarti telah terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan terbentuknya gas dengan

PRAKTIKUM IPA SD/MI TERAPUNG, MELAYANG, TENGGELAM

PRAKTIKUM IPA SD/MI TERAPUNG, MELAYANG, TENGGELAM Judul Percobaan :  Terapung, Melayang dan Tenggelam. Tujuan Percobaan : Mengetahui kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair. Landasan Teori : Ada tiga kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair.  Seperti ditunjukkan pada gambar berikut! Benda Terapung Benda dikatakan terapung jika sebagian benda masih muncul diatas permukaan zat cair. Benda terapung jika : Massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis zat cair. Besar gaya apung sama dengan berat benda. Benda Melayang Benda dikatakan melayang jika benda berada dalam zat cair, tetapi tidak berada di dasar zat cair. Benda melayang jika : Massa jenis benda sama atau hampir sama dengan massa jenis zat cair. Besar gaya apung sama atau hampir sama dengan berat benda. Benda Tenggelam Benda dikatakan tenggelam jika berada di dasar zat cair. Benda tenggelam  jika : Massa jenis benda leb