Langsung ke konten utama

PRAKTIKUM IPA SD/MI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN (MORFOLOGI)

PRAKTIKUM IPA SD/MI
KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN (MORFOLOGI)

Judul Percobaan :  Keanekaragaman tumbuhan (morfologi)

Tujuan Percobaan : Mengetahui ragam bentuk dan struktur luar tumbuhan

Landasan Teori
Menurut definisinya. morfologi tumbuhan tidak hanya menguraikan bentuk dan susunan tubuh tumbuhan saja, tetapi juga bertugas                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       untuk menentukan apakah fungsi masing-masing bagian itu dalam kehidupan tumbuhan dan selanjutnya juga berusaha mengetahui dari mana asal bentuk dan susunan tubuh yang demikian tadi. Selain itu, morfologi harus pula dapat memberikan jawaban atas pertanyaan mengapa bagian-bagian tubuh tumbuhan mempunyai bentuk dan susunan yang beranekaragam itu.

Alat dan bahan :
Alat:
Penggaris
Bahan:
Aneka tumbuhan yang ada disekitar sebanyak 10 buah.

Prosedur Kerja :
Pergilah ke lingkungan sekitar kampus, lalu ambilah 10 tumbuhan liar yang berbeda jenis.
Amatilah masing-masing tumbuhan tersebut dan gambarlah.
Gambarlah bentuk daun dan hitung panjang daunya.
Gambarlah bentuk batangnya dan hitung panjang batang tersebut.
Gambarlah bentuk akarnya dan hitung panjang akar tersebut.
Lakukan poin 2 sampai 5 untuk 10 jenis tanaman yang kalian miliki.
Tulislah hasilnya pada tabel pengamatan yang telah tersedia



Hasil pengamatan :
No.
Nama/Jenis Tanaman
Bentuk Tanaman
Bentuk Daun/Panjangnya
Bentuk Batang/Panjangnya
Bentuk Akar/Panjangnya

1.





1/A






Daun menyirip
Panjang : 2,5cm

Batang berbentuk bulat dan permukaan berambut halus
Panjang : 5,5cm

Akar tunggang
Panjang : 2cm


2.





2/B








Daun Melengkung
Panjang : 2cm

Batang berbentuk bulat dan transparan
Panjang : 3cm

Akar serabut
Panjang : 5cm


3.






3/C





Daun Menyirip
Panjang : 1cm

Batang berbentuk bulat dan berambut halus
Panjang : 2,5cm

Akar tunggang
Panjang : 4cm


4.



4/D




Daun Sejajar
Panjang : 7cm

Batang berlapis
Panjang : 0,5cm

Akar tunggang
Panjang : 3cm


5.




5/E






Daun Menyirip
Panjang : 0,5cm

Batang bulat
Panjang : 2,5cm

Akar tunggang
Panjang :9,5cm


6.




6/F






Daun Menyirip
Panjang : 0,5

Batang berbentuk segi empat
Panjang : 2cm

Akar Tunggang
Panjang : 1cm


7.




7/G





Daun Menyirip
Panjang : 1,2cm

Batang bulat
Panjang : 17,5cm

Akar tunggang
Panjang : 6cm


8.

8/H


Daun menyirip
Panjang : 1cm

Bentuk batang Segi Empat
Panjang : 6,5cm

Akar Tunggang
Panjang : 2cm


9.






9/I







Daun Menjari
Panjang : 2cm

Batang bulat
Panjang : 5cm

Akar Tunggang
Panjang : 2cm


10.






10/J






Daun Melengkung
Panjang : 0,5cm

Batang bulat
Panjang : 22,5cm

Akar Pelekat
Panjang :1,5cm




Latihan :
1). Mengapa bentuk luar tubuh tumbuhan berbeda-beda? Karena setiap bagian tubuh pada tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda-beda.
2). Apakah fungsi akar bagi tumbuhan?
Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya
Untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah
Mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh tumbuhan.
Pada beberapa macam tumbuhan, akar ada yang berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau yang hidup di pesisir.
3). Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis akar pada tumbuhan?
1. Akar serabut
Akar serabut pada umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun kadang-kadang, tumbuhan dikotil  juga memilikinya (dengan catatan, tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan cara cangkok atau stek). Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan, tidak jauh beda dengan jenis-jenis akar lain.
2. Akar tunggang
Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan, seperti pada tumbuhan wortel, ubi dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian.  Akar tunggang merupakan akar lembaga yang tumbuh terus menerus menjadi akar pokok yang kemudian bercabang-cabang menjadi akar yang lebih kecil. Akar pokok tersebut kemudian disebut sebagai akar tunggang. Akar tunggang ini biasanya tidak memiliki percabangan atau hanya memiliki percabangan. Fungsi utama dari akar tunggang ini biasanya adalah sebagai tempat penimbun makanan dan merupakan bagian tumbuhan yang bisa dimakan atau dimanfaatkan.
3. Akar Gantung
Akar gantung tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Oleh karena itu, akar tersebut terlihat menggantung di udara. Akar gantung ini berfungsi menyerap uap air dan gas dari udara. Namun, bila telah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Tidak jarang, akar yang menggantung yang semakin lama perlahan akan menempel pada batang dan menjadi bagian dari batang. Tumbuhan yang memiliki akar gantung misalnya beringin, dan anggrek.
Akar Napas
Akar napas tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar tersebut sebagian muncul di permukaan tanah dan sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar ini terlihat seperti menopang tegaknya batang. Akar napas mempunyai banyak celah tempat masuknya udara. Jadi, sesuai namanya, akar napas berfungsi untuk bernapas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas, misalnya bakau dan pandan.
Akar Pelekat
Akar pelekat tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat, misalnya sirih.


Bagaimanakah fungsi daun pada tumbuhan?
1. Fotosintesis
Fungsi daun yang utama pada setiap tumbuhan pada dasarnya sama, yaitu berfungsi sebagai tempat pengolahan zat makanan. Proses pengolahan zat makanan pada daun ini disebut fotosintesis.
2. Sebagai Organ pernapasan
Stomata yang terdapat pada dua permukaan daun berfungsi sebagai tempat pertukaran gas (pernapasan). Stomata mengambil CO2 dari udara, sebagai bahan fotosintesis dan mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Selain stomata, ada juga tumbuhan yang bernafas melalui lentisel yang terletak di batang.
3. Klorofil
Semakin banyak jumlah klorofil yang berada di dalam daun, maka proses fotosintesis berlangsung semakin cepat. Pembentukan klorofil memerlukan cahaya matahari, karena itulah kecambah yang ditumbuhkan di tempat gelap, tidak dapat membuat klorofil dengan sempurna.

Bagaimanakah fungsi batang pada tumbuhan?
Batang sebagai penopang untuk seluruh bagian tumbuhan supaya tetap tegak
Batang sebagai alat buat menyalurkan sari sari makanan yang dihasilkan oleh daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan
Batang sebagai alat untuk mengangkut mineral dan juga air dari akar menuju daun
Batang sebagi tempat untuk menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan tertentu
Batang sebagai tempat untuk tumbuh daun cabang dan bunga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum perubahan sifat dan wujud benda

PRAKTIKUM IPA SD/MI Judul Percobaan :  Perubahan Wujud Benda Tujuan Percobaan : Menunjukkan perubahan wujud benda membeku dan mencair, menguap dan mengembun, serta menyublim. Landasan Teori :  Perubahan Wujud Benda Membeku dan Mencair Membeku adalah perubahan wujud dari bentuk cair menjadi bentuk padat. Mencair adalah perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk cair. Menguap dan Mengembun Menguap: perubahan wujud dari bentuk cair ke bentuk gas. Mengembun: perubahan wujud dari bentuk gas ke bentuk cair. Menyublim Menyublim: perubahan wujud dari bentuk padat menjadi bentuk gas. Alat dan bahan : Percobaan 1 : Membeku dan Mencair Alat : Korek api Bahan : Lilin Percobaan 2 : Menguap dan Mengembun Alat : Gelas, tutup gelas, termos air Bahan : Air panas Percobaan 3 : Menyublim Alat : Kain warna hitam, Kipas Angin Bahan : Kapur Barus Prosedur Kerja : Percobaan 1 : Membeku dan Mencair Siapkan sebuah lilin dan korek api. Nyalakan li

Meniup Balon Menggunakan Campuran Asam Cuka dengan Baking Soda/Soda Kue

                  PETUNJUK PRAKTIKUM                            IPA SD/MI  Meniup Balon Menggunakan Campuran Asam Cuka dengan Baking Soda/Soda Kue Disusun Oleh : DIAN RIZKA ISNAINI NINGSIH SYIFA' ILYA DAROJAH ZIA AMALIA ULFA HIKMAH NUR LAILI IZZA KHOIRUN NISA’ SAYYIDAH WULANDARI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY GENTENG - BANYUWANGI 2018/2019 PRAKTIKUM IPA Meniup Balon dengan Reaksi Asam Cuka dengan Baking Soda/ Soda Kue Judul Percobaan :  Meniup Balon dengan Reaksi Asam Cuka dengan Baking Soda Tujuan Percobaan : Mengetahui bahwa reaksi asam cuka dengan soda kue akan menghasilkan gas yang dapat meniup balon. Landasan Teori : Reaksi Kimia Suatu Zat Pada reaksi kimia satu zat atau lebih dapat diubah menjadi zat baru. Sesuai dengan percobaan ini asam cuka (CH3COOH) dengan baking soda (NaHCO3) menghasilkan CO2, berarti telah terjadi reaksi kimia yang mengakibatkan terbentuknya gas dengan

PRAKTIKUM IPA SD/MI TERAPUNG, MELAYANG, TENGGELAM

PRAKTIKUM IPA SD/MI TERAPUNG, MELAYANG, TENGGELAM Judul Percobaan :  Terapung, Melayang dan Tenggelam. Tujuan Percobaan : Mengetahui kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair. Landasan Teori : Ada tiga kemungkinan peristiwa yang terjadi jika sebuah benda dimasukkan ke dalam zat cair.  Seperti ditunjukkan pada gambar berikut! Benda Terapung Benda dikatakan terapung jika sebagian benda masih muncul diatas permukaan zat cair. Benda terapung jika : Massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis zat cair. Besar gaya apung sama dengan berat benda. Benda Melayang Benda dikatakan melayang jika benda berada dalam zat cair, tetapi tidak berada di dasar zat cair. Benda melayang jika : Massa jenis benda sama atau hampir sama dengan massa jenis zat cair. Besar gaya apung sama atau hampir sama dengan berat benda. Benda Tenggelam Benda dikatakan tenggelam jika berada di dasar zat cair. Benda tenggelam  jika : Massa jenis benda leb